Wednesday, September 28, 2011

MANFAAT BELAJAR KARATE


Artikel ini adalah untuk menjelaskan manfaat belajar karate diantaranya:
- Meningkatkan kesehatan fisik dan mental
- Membangun dan memperkuat rasa percaya diri
- Peningkatan prestasi akademik sebab meningkatnya tingkat energi, fokus, dan konsentrasi
- Belajar dan menguasai teknik-teknik pertahanan dan bela diri
- Banyak teman di klub Karate

Peningkatan Kesehatan Fisik dan Mental
Manfaat dari belajar karate adalah meningkatnya kesehatan fisik. Mahasiswa belajar untuk berolahraga secara teratur beberapa kali seminggu, ini merupakan salah satu kebiasaan yang paling berguna seumur hidup. Hal ini akan menyebabkan keseimbangan tekanan darah dan sirkulasi, menurunkan kadar kolesterol, dan mengurangi jumlah kunjungan ke dokter dan semua biaya pengobatan tentunya. Selain itu akan mendapatkan fleksibelitas terhadap otot dan sendi.

Peningkatan kesehatan mental

manfaat jelas belajar karate adalah peningkatan kesehatan mental. Bayangkan jika diri Anda dipantai yang indah dengan banyak pohon-pohon kelapa, atau menghirup udara pegunungan yang segar sambil menikmati keindahan danau atau gunung. Tanpa stres psikologis, Anda hanya merasa ringan dan otot Anda rileks. Pada saat itu Anda merasakan kebebasan untuk merasakan hal-hal yang indah dalam hidup. Semua orang memiliki pemikiran tegas tentang kode-kode untuk disimpan secara permanen dalam memori nya. Setelah dua jam latihan karate sehingga melelahkan, siswa merasa benar-benar kehabisan tenaga, tetapi semua otot dan seluruh tubuh bisa rileks kembali, yang pada gilirannya menyimpan kembali kode-kode itu dan bebas stres. Ini adalah salah satu hadiah terbesar dari Alam - mekanisme daur ulang stres psikologis melalui berolahraga. Setiap kali siswa didorong oleh sensei untuk membatasi, dia menggunakan 100% konsentrasi mental hanya untuk terus berjalan. Pada saat itu siswa tidak dapat memikirkan hal lain karena tidak cukup energi untuk memikirkan itu. Ini adalah aplikasi konsep Zen ‘Disini, Sekarang!’. Siswa belajar sebuah pelajaran berharga dalam hidup - untuk menangani hanya satu tugas dalam satu waktu; bahwa efisiensi dalam kegiatan apa pun datang ketika ada komitmen 100% dari mental energi untuk melakukan tugas. Manfaat nyata yang disadari bahwa ketika Anda melakukan 100% konsentrasi Anda, Anda mendapatkan hasil yang lebih efisien dan lebih cepat dan membebaskan Anda untuk mengambil tugas berikutnya untuk mencapai yang lebih.

Membangun dan Meperkuat rasa percaya diri
Membangun rasa percaya diri dan kepercayaan diri didasarkan pada kenyataan bahwa siswa menetapkan tujuan, menempatkan pikiran  apa saja yang diperlukan untuk mencapai tujuan, dan pada akhirnya akan mencapai sabuk berikutnya. Dalam formula untuk sukses dalam hidup, siswa menetapkan tujuan untuk mencapai sabuk hitam, sebuah perjalanan yang panjang untuk mencapai itu.
Itulah saat ketika siswa menyadari bahwa ia berhasil meskipun kemungkinan kondisi sulit dan nyaris tak tertahankan, yang pada gilirannya merupakan psikologis untuk tumbuhnya kepercayaan dan harga diri. Itulah saat ketika siswa tumbuh lebih percaya diri dengan kemampuan bela diri, ketika harga dirinya untuk mengangkat kesadaran, bahwa:
- Target memberikan tujuan arah hidup,
- Pencapaian tujuan adalah tolok ukur keberhasilan dalam hidup,
- Hampir setiap tujuan dapat dicapai dengan rencana yang baik, disiplin yang kuat dan tindakan yang tepat,
- Umpan balik konstruktif atau penghargaan yang memang layak adalah mekanisme yang membawa rasa puas dan pola yang membawa kesuksesan.

Peningkatan prestasi akademik dengan meningkatkan tingkat energi, fokus dan konsentrasi
Suatu siang yang panas di Texas seorang koboi tua dan seorang koboi muda dihadapkan dengan penuh kandang kuda muda yang bersemangat tinggi untuk istirahat dan melatih. Anak muda itu mulai mengeluh tentang berapa banyak kuda yang ada. Orang tua itu berpaling kepadanya dan berkata, "Anak, berhenti mengkhawatirkan tentang berapa banyak dari mereka. Anda hanya perlu satu persatu untuk menaikinya. "
Yah, itulah apa yang diajarkan di kelas - berhenti mengkhawatirkan tentang berapa banyak proyek-proyek atau pekerjaan rumah atau teknik karate yang ada untuk diselesaikan; tetapi anda akan menangani satu tugas pada satu waktu. Mengapa, karena konsentrasi hanya 100% dan Fokus pada tugas adalah penggunaan terbaik energi Anda - apa pun yang lain hanya membuang-buang waktu dan energi, dan karena kita tahu bahwa waktu adalah uang – Kami tidak ingin melihat Anda bangkrut.

Belajar dan menguasai teknik-teknik pertahanan diri
Kekayaan psikologis menguasai teknik pertahanan diri dengan mengetahui bahwa Anda memiliki apa pun untuk membela diri bila diperlukan, yang membawa rasa percaya diri dan bagian dari pikiran.

Banyak teman di klub karate
Sangat mudah untuk berteman bila Anda memiliki tujuan bersama, dan keringat bersama untuk mencapainya. Ia bekerja di medan perang, di sekolah, di tempat kerja. Hal ini bahkan lebih mudah dalam dojo karena Anda yakin bahwa sebagian besar karateka berbagi sesuatu kesamaan - mereka kuat dan mempunyai semangat juang. Hal ini lebih sulit untuk mempertahankan persahabatan ini, tapi kami mempunyai resep benar: kita bersosialisasi setelah pelatihan, makan siang atau makan malam di restoran Bintang Cina - organisasi, desain, periklanan - untuk menjaga dojo untuk tetap hidup dan efisien.
Sumber : http://www.yanpudo-bkc.web.id/manfaat-belajar-karate

No comments: